Minggu, 28 Februari 2016

STRATEGI MENGEMBANGKAN BISNIS DAN MEMPERLUAS PANGSA PASAR

SLIDE 3 : STRATEGI MENGEMBANGKAN BISNIS DAN MEMPERLUAS PANGSA PASAR



Gapai pasar, jangan terdiam, perluas terus pangsa pasar Anda dan bergeraklah terus ke arah yang membuat Anda nyaman dan paling Anda mampu laksanakan. Jika Anda tidak dapat online disebabkan jaringan lemot maka belajarlah marketing offline dengan menambah teman, dan sebarkan informasi produk ABACA bisa dengan melalui sms ke teman yang telah Anda kenal dengan baik, atau secara langsung mendatangi pangsa pasar ABACA offline.

Secara offline : 
1. Sebar brosur dan Presentasi ke TK/PAUD. Salah satu cara konvensional untuk memasarkan abaca adalah dengan mendatangi TK atau PAUD atau pameran yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini lalu sebarkan brosur dan kalo perlu mengadakan presentasi dari materi training ABACA Flashcard dan Filosofinya. Banyak agen yang sukses dengan metiode presentasi ke TK2 dengan materi training ABACA dan untuk materinya boleh dicopy paste untuk training offline tapi harus disertai nama penulis (sumber tulisan tersebut) dalam hal ini nama saya sebagai penulis harus disertakan. Dan juga silahkan mengumpulkan ratusan testimony yang ada di fanpage ABACA Flashcard. Anda bisa menunjukkan bukti keberhasilan anak-anak yang telah menggunakan metode ini. Ketika melakukan ini Anda harus siap dengan segala informasi produk dan bisa menjawab pertanyaan customer dengan baik. . Jangan Cuma 50 brosur yg disebar, terlalu sedikit, tidak semua orang suka baca brosur meski punya anak kecil. Minimal harus 500 brosur. Ambil aja 10% yg membaca brosur berarti itu ada 50 target potensial tapi belum tentu beli, tapi peluang membelinya ada. Entah kapan mereka beli, yg jelas bisa jadi kalo bukan mereka, ya orang yg dikenal oleh mereka yg memiliki masalah membaca.

ABACA juga berkembang dari 1 orang yaitu saya. Lalu saat ini rata-rata bisa terjual di range 500 hingga 1200 ABACA SETIAP HARINYA atau sekitar 20 hingga 30 ribu eksemplar per bulan. Bagaimana mungkin bisa? Ya itu tadi, marketing dari mulut ke mulut krn produk ini bagus. Banyak banget yg sukses pakai ABACA. Intinya adalah sebarkan informasi, bisa aja kalaupun yg membeli bukan yg menerima informasi langsung, tetapi mereka akan meneruskan informasi tsb ke orang2 yg mereka kenal karena bagusnya produk ini. Sebarkan informasi terus agar semakin besar peluang mendapatkan pasar, nah kalo lewat offline tugasnya lumayan. Menyebar brosur pun ya tidak bisa sembarangan, harus di komunitas yang tepat agar peluang terjadi penjualan makin besar dan biaya dikeluarkan makin kecil karena tepat sasaran.

2. Bermain ABACA di TK/PAUD bersama anak-anak TK/PAUD.
Strategi ini pernah dilakukan oleh seorang agen di jawa barat (saya lupa agen mana, yang saya ingat namanya Desy). Mba Desy ini bisa menjual 60 ABACA di TK anaknya dalam 2 hari saja. Bagaimana strateginya? MBa Desy awalnya gabung jadi agen disebabkan oleh anaknya yang belum bisa baca padahal usia TK dan memiliki masalah hiperaktivitas. Susah focus, mudah bosan, dan media apapun gagal membuat anaknya tertarik belajar. Akhirnya dia mencari media di internet dan menemukan ABACA, tapi sayang meskipun menemukan webnya,ternyata tidak semua agen di web punya stok lengkap. Akhirnya dia beli di agen juga, dan hasilnya luar biasa untuk anaknya. Sang anak nyandu dan bisa membaca setelah pakai ABACA. Dan, akhirnya mba Desy memutuskan menjadi agen ABACA. Mba Desy ini tidak tahu cara memasarkan, tapi dia tahu persis bagaimana membuat anaknya senang bermain ABACA bersamanya. Akhirnya, dia membawa ABACA ke TK anaknya, tanpa niat menjualnya. Dia memainkan bersama anak2 TK dan para ibu yang menunggui anaknya di TK jadi memerhatikan dan “merasakan” kegembiraan anak2 yg diajak bermain ABACA oleh mba Desy. Dan para orangtua inipun akhirnya berbondong2 membeli ABACA, secara mengejutkan 60 ABACA ludes dalam 2 hari karena anak2 ibu2 yang di TK semua pada kecanduan dan progresnya bagus. Dari sini pasar berkembang dari mulut ke mulut. 60 ABACA ludes dalam waktu super singkat, yaitu 2 hari saja. Prestasi besar untuk seorang agen yang belum pernah punya pengalaman jual beli baik online ataupun offline.


3. Masih banyak yang lain, silahkan jika ada yang ingin melanjutkan daftar ini di kolom komentar ^^
=====================================


SECARA ONLINE

Agar Anda sukses di online berikut step2 yang perlu Anda lalui.

1. Bagi yang belum punya temen banyak, maka add friend dengaan cara mengecek wall target market yah, pastikan punya anak kecil. Mereka potensial. Meskipun masih bayi ya tidak apa-apa karena bayi juga akan menjadi anak TK kan? Mereka juga potensial untuk menjadi pembeli di kemudian hari. Tapi fokuskan ke yg usianya sekitar 3 hingga 6th. Cara bagus yang layak dicoba aja cari fanpagenya susu dancow atau produk bayi terkenal, nanti cek ibu2 yg komen di wall fanpage mereka. Fanpage mereka ini biasanya yg nge like udah jutaan krn produk terkenal. Bisa juga dengan membuat kuis berhadiah atau bagi2 barang gratis tapi dengan syarat harus menjadi friend Anda dulu di FB (agar mrk yg add FB Anda). Bisa juga dengan cara mencari grup2 pendidikan lalu add anggota2nya setidaknya 10 orang per hari.
Selain para ibu yang memiliki anak, segmen pasar berikutnya adalah online shop yang jualan barang2 bayi seperti clodi, pakaian bayi, dll. Masuk di grup pedagang online, lalu add mereka. Pastikan untuk mengecek wall mereka dulu sebelum mennambahkan mereka menjadi teman Anda. Jangan sampai Anda menambahkan akun yang sudah tidak aktif lagi. Mereka sasaran empuk untuk diprospek menjadi agen atau reseller. Selain onlineshop juga grup PAUD atau TK. Masuk ke grup tsb dan add orang2 yang potensial dan kelihatan aktif di grup tersebut. Lalu setelah Anda menyergap target market lakukan hal2 berikut ini.
- Setelah Anda mengetahui target market Anda dan memiliki teman banyak di FB maka yang perlu Anda lakukan adalah jangan berhenti memperlebar peluang pasar. Artinya jika Anda sudah punya 3000 teman maka perluas lagi, jangan berhenti add friend atau bikin acara2 khusus yang membuat orang tertarik menjadi teman Anda. Dan focus ya agar waktu yang ANda yg keluarkan lebih hemat. Artinya jika friend Anda masih 3000 maka optimalkan mjd 5000. Program mencari pasar ini harus terus berjalan agar market Anda makin luas. Yg jelas, makin banyak teman Anda maka makinbesar juga potensi terjadinya penjualan. Tentu saja hasilnya akan berbeda, orang yang punya 500 teman dengan 5000 teman, dg waktu, marketing yang sama dengan bahasa yg sama, dll, tapi hasil akan beda karena perbedaan jumlah market. Ibarat menjual barang ke pasar dan di depan rumah pasti memiliki hasil yang beda. Makin besar market, makin besar peluang untuk terjadi penjualan.
- Waktu atau jam marketing juga memengaruhi terjadinya penjualan. Kapan teman2 Anda online? Anda perlu tahu. Jika tengah malam misal jualan jam 12 malam apakah lebh efektif dibanding jika jualan pagi. Karena meskipun Anda punya teman banyak, mereka belum tentu online di jam2 saat Anda beriklan. Dan uniknya karakteristik teman2 FB antar agen itu berbeda2. Jika teman FB Anda paling banyak online jam 21.00, belum tentu teman FB saya rata2 online jam segitu. Anda perlu memahami karakteristik teman2 FB Anda dengan dengan mencatat jam iklan Anda. Lalu dengan data yang Anda miliki, jawablah pertanyaan ‘jam berapakah teman FB Anda paling merespon iklan Anda.
Itulah sebabnya semakin sering Anda beriklan dan semakin banyak teman Anda di FB maka semakin besar terjadinya penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar