Materi ini pernah saya pelajari dan terapkan...tapi ya itu karena kerepotan sendiri dan kurang disiplin, saya lupa deeh 'ngasih makan ikannya" dan akhirnya ga panen- panen...hihihi
Dian, jangan diulangi lagi yaaa !!!
Dian, jangan diulangi lagi yaaa !!!
Bismillah
CIPTAKAN KOLAM IKAN SENDIRI [CARA MENCARI CUSTOMER YG TEPAT] (bag. 1)
Tentang cara mencari segmen pasar yg tepat.
Dagangan bisa terjual laris itu karena 4 faktor :
1. Produk berkualitas
2. Iklannya keren
3. Segmen pasar tepat
4. Jam online yg tepat
Kita akan bahas yg nomor 2 sampe 3. Kalo yg poin No 1, abaca sudah memiliki lebih dari 1000 testimoni sukses.
Ketika saya berkeliling di Fb, saya sering menemukan bbrp agen yg ketika iklan abaca selalu di Like hingga 20 orang. Minimal bahkan yg ngelike bisa 14 orang. Ada bbrp agen yg spt ini. Tapi ada jg agen yg jarang banget di Like, bahkan ga ada yg like. Nah saya mau analisis satu2 ya.
Iklan abaca ini, umumnya unsur edukasinya keren. Bahasanya ringan dan mengena. Makin kesini, edukasinya makin bagus insya Allah. Banyak agen abaca yg sebelumnya non aktif tiba2 menjadi aktif lagi setelah ada iklan perekrutan agen. Ini pertanda kualitas iklan sudah bagus. Dan bbrp agen abaca pun rame banget yg nge Like. Bayangkan kalo iklan abaca selalu dapat like di atas 10 orang lho utk seorang agen. Bahkan ada yg mau langganan iklan abaca dg minta tag ke seorang agen.
Pertanyaannya, kok bisa ya, iklannya sama2 copas kok yg 1 agen, selalu banjir Like bahkan sampe lebih dari 10 Like. Sementara yg lain bahkan sampe ga ada yg Like?
Jadi analisis No 2. Insya Allah iklan abaca itu sudah kece tapi mengapa ada agen lain yg Like sedikit? Jawabannya adalah karena teman FB masih dikit banget atau salah segmen atau salah jam tayang iklan. Ada yg bahkan teman Fb hanya 1000 orang, belum tentu tepat lagi temannya. Kalo teman Fb ga tepat maka peluang terjualnya makin kecil, dan peluang dibaca pun makin kecil sebab hanya orang yg butuh produk saja yg ingin beli produk tsb. Masa seorang bapak yg anaknya semua kuliah mau beli abaca? Kan enggak ya? Jadi segmen pasar yg tepat itu PENTING. Sebaik apapun iklan kalo menyasar segmen yg salah ya pasti ga akan dibeli ya. Jadi bagaimana agar bisa dibeli? Segmen harus tepat.
Nah bagaimana agar segmen tepat?
1. Bunda harus Add orang berdasarkan kebutuhan orang tsb. Cari orang yg tepat. Cari yg punya anak kecil atau yg jualan produk bayi atau produk mainan edukasi, dll.
Contoh Bunda bisa cari orang2 di grup2 yg umum. Spt grup jualan yg umum (di dalam grup itu orang bebas jualan, bukan grup yg ga boleh jualan). Contoh grup yg boleh jualan adalah grup online Shop. Atau grup guru PAUD, dll.
INGAT, HINDARI SABOTASE CUSTOMER. Contoh ya, misal Bunda adalah agen abaca tapi sekaligus agen produk A, lalu sama produsen produk A bunda dimasukkin ke grupnya. Lalu karena segmen produk A sama dg segmen abaca yaitu menyasar segmen anak kecil maka HINDARI MEMPROSPEK orang2 di grup tsb. Ingat, sukses adalah soal karakter. Kalo masih ada karakter memanfaatkan sebuah grup khusus utk memeroleh keuntungan, mk ga akan sukses dalam waktu lama. YAKIN. Dan ini bs masuk dalam kategori MEMANCING IKAN DI KOLAM ORANG LAIN (SABOTASE CUSTOMER) sebab seandainya pemilik grup tahu, 90% pasti ga suka dg aktivitas bunda, dan bagaimana kalo karena ga suka trus mendoakan kejelekkan karena merasa terdholimi?
Jika hal ini dilakukan saya kuatir akan ada efek samping yg menyebabkan Bunda kesulitan dapat rejeki dg cara customer Bunda disabot orang lain, makin banyak jumlah customer php, atau kalau selalu laris maka rejekinya diambil melalui musibah hingga Allah membersihkan rejeki yg "kotor" tadi. Berhati2lah terhadap kedholiman, karena hisab Allah sangat halus. Jadi percuma dapat rejeki banyak, kalo pada akhirnya diambil lagi sebab cara mendapatkannya ga benar. Smg Allah merahmati apa yg kita lakukan. Dan bagi yg telah "terjerumus" segera bertaubat dan memperbaiki diri.
Sukses itu tidak instan ya. Bunda harus menciptakan kolam ikan sendiri, jangan ambil dari kolam orang lain karena itu tidak etis. Saya yakin, jika pemilik grup tahu, dan merasa dimanfaatkan. Dan kuatir kalo didoakan kejelekkan kalo berbuat dholim spt itu, doa orang yg terdholimi itu mudah dikabulkan.
Hindari memprospek orang yg ada di grup tersegmen.
Ciri2 grup tersegmen :
1. Grup itu dimiliki oleh seorang produsen, atau agen, atau distributor dan menjual produk2 tertentu. Contohnya, agar Anda memahami hal ini. Bagaimana sikap Anda jika Anda punya grup reseller, lalu ada agen lain atau reseller Anda yg memprospek semua orang di grup Anda agar beli produknya. Kemungkinan Anda marah bukan? Sebab Andalah yg berjuang mengumpulkan orang tapi kok disabot sama org lain. Hargailah perjuangan orang lain yg mengumpulkan customer dalam sebuah grup tadi dan jangan mengusik anggota grup. Bikin lah kolam ikan sendiri atau grup sendiri.
2. Di dalam grup itu dilarang iklan produk dan sifat grup tertutup atau bahkan rahasia (ga semua orang bebas keluar masuk di sana).
Contoh grup umum yg boleh Anda prospek : grup online Shop, grup penjual & pembeli, grup "PAUD ISLAM", dll.
HINDARI JUGA MEMPROSPEK TEMANNYA AGEN. JADI ANDA HARUS BENAR2 BERUSAHA SENDIRI TANPA MENGUSIK YG LAIN. Beberapa kali saya mendengar agen yg merasa teman2 Fbnya jadi teman agen abaca yg lain. Beda kasus kalo orangnya yg minta kita Add ya, maka itu beda (bukan menyabot). Dan kita promosi aja tapi orangnya yg tertarik bukan kita yg menarik (dg syarat yg promosi tidak menjatuhkan harga pasar).
SAYA PERLU MENCIPTAKAN IKLIM PERSAINGAN YG SEHAT AGAR ANTAR AGEN ABACA HARMONIS.
REJEKI GA BAROKAH MENDATANGKAN MUSIBAH BERTUBI2 UNTUK MEMBERSIHKAN UANG YG 'KOTOR'. HINDARILAH BERBUAT DHOLIM.
Utamakan keberkahan. Jangan mengusik rejeki orang lain jika tidak ingin rejeki terusik. Bersikaplah adil. Bersainglah secara sehat. Caranya gimana?
CARA BIKIN KOLAM IKAN SENDIRI
Bikin kolam ikan sendiri. Dan ini mewajibkan Bunda bekerja keras. Sukses kan soal karakter, bukan duit. DUIT AKAN MENGUKUTI ORANG YANG KARAKTERNYA BAIK. Karena mengumpulkan ikan itu kan perlu usaha, jangan memancing di kolam orang lain.
Berikut ini yg bisa Bunda lakukan dan sudah dilakukan oleh bbrp agen abaca yg sukses punya teman 5000 dan segmennya tepat. Contoh Mba Iin Mutmainah, Mba Lynda Sutrisna, dll yg menggunakan cara kreatif dg selalu mencari informasi bermanfaat seputar anak lalu diposting di wall Fb, shg orang berbondong2 nge Like dan share bahkan bisa mencapai viral (dishare ribuan orang).
Mba Lynda ataupun Mba Iin biasanya mencari gambar2 edukasi. Contoh, ttg cara membesarkan anak, dll. Atau Bunda cari buku parenting bagus, lalu Bunda ketik dg menyertakan sumber buku lalu bunda posting di wall FB. Jangan curang, dg menyembunyikan siapa penulis cerita itu ya. Saya ingat dg rekan saya, seorang penulis buku, yg naskahnya diketik orang lain lalu disebar di Fb. Rekan saya itu marah2 bukan main. Kemarahannya mengundang simpati penulis lain yg ikut2 membroadcast keluhan penulis rekan sy tsb. Jadi perhatikan etika 'ilmiah', jika mengutip dari sebuah sumber maka tuliskan sumbernya.
2. Buat fanpage dan fokus ya. Jangan cm buat aja tanpa diopeni. Caranya dari akun FB bunda sekarang bukalah menu Fb lalu cari tulisan "page" atau kalo settingan nya bahasa Indonesia maka cari tulisan "halaman". Lalu klik.
Setelah itu pilih "create page" atau "buat halaman" kemudian ikuti instruksi Fb. Otak atik aja ga masalah. Belajar ya. Di fanpage, rajin2lah beriklan dan share iklan ke wall Fb pribadi. Dan share jg info penting lainnya ya. Atau kalo teman FB masih dikit, fokus ke Fb dl aja gak apa2. Tar kalo udah 4000-an tmn Fb maka baru bikin fanpage. Tapi terserah bunda deh, yg penting usaha ya.
Rawatlah page atau optimalkan Fb bunda dg mengisi informasi2 penting. Jangan info galau aja ya bun. Nanti kuatir malah diblack list sama orang kalo kita mengeluh bete terus 😄.
3. Bikin kuis yg lucu atau kreatif. Kmrn ada yg bikin kuis matematika abaca, keren banget idenya. Dilakukan oleh Bunda Aisyah agen Qatar, dan dari kuisnya yg kreatif, fanpagenya di Like ratusan orang baru. Awal yg bagus dan kreatif.
Contoh kuis kreatif
a + bah = 6
a + bah + ba + ca = 12
a + ba + ca = ....
Syarat kuis : Like fanpage abaca dan jawab pertanyaan kuis dg benar.
Ingat ya Bunda. Kalo sudah membuat kolam ikan dan sudah punya ikan, jangan lupa dikasih makan. Makanan ikan itu, informasi bermanfaat dan menyasar segmen yg sama dg abaca contoh info parenting atau sejenisnya. Iklan abaca yg isinya edukasi jg termasuk info yg bermanfaat. Jadi kalo mau suksesnya cepat, lakukan hal2 yg saya sebutkan di atas dg sabar jgn pake cara instan. Jangan lupa jg iklan abaca sehari copas dari tim kreatif minimal 6 iklan abaca ya. Kenapa angka 6? Karena sukses minimal perlu 6 iklan per hari. Kalo 1 iklan gimana? Ya boleh, tapi akan makin lemot penjualannya.
Selamat mencoba
(Bersambung insya Allah ttg jam iklan). Ternyata jam iklan juga menentukan efektifnya iklan.
CIPTAKAN KOLAM IKAN SENDIRI [CARA MENCARI CUSTOMER YG TEPAT] (bag. 1)
Tentang cara mencari segmen pasar yg tepat.
Dagangan bisa terjual laris itu karena 4 faktor :
1. Produk berkualitas
2. Iklannya keren
3. Segmen pasar tepat
4. Jam online yg tepat
Kita akan bahas yg nomor 2 sampe 3. Kalo yg poin No 1, abaca sudah memiliki lebih dari 1000 testimoni sukses.
Ketika saya berkeliling di Fb, saya sering menemukan bbrp agen yg ketika iklan abaca selalu di Like hingga 20 orang. Minimal bahkan yg ngelike bisa 14 orang. Ada bbrp agen yg spt ini. Tapi ada jg agen yg jarang banget di Like, bahkan ga ada yg like. Nah saya mau analisis satu2 ya.
Iklan abaca ini, umumnya unsur edukasinya keren. Bahasanya ringan dan mengena. Makin kesini, edukasinya makin bagus insya Allah. Banyak agen abaca yg sebelumnya non aktif tiba2 menjadi aktif lagi setelah ada iklan perekrutan agen. Ini pertanda kualitas iklan sudah bagus. Dan bbrp agen abaca pun rame banget yg nge Like. Bayangkan kalo iklan abaca selalu dapat like di atas 10 orang lho utk seorang agen. Bahkan ada yg mau langganan iklan abaca dg minta tag ke seorang agen.
Pertanyaannya, kok bisa ya, iklannya sama2 copas kok yg 1 agen, selalu banjir Like bahkan sampe lebih dari 10 Like. Sementara yg lain bahkan sampe ga ada yg Like?
Jadi analisis No 2. Insya Allah iklan abaca itu sudah kece tapi mengapa ada agen lain yg Like sedikit? Jawabannya adalah karena teman FB masih dikit banget atau salah segmen atau salah jam tayang iklan. Ada yg bahkan teman Fb hanya 1000 orang, belum tentu tepat lagi temannya. Kalo teman Fb ga tepat maka peluang terjualnya makin kecil, dan peluang dibaca pun makin kecil sebab hanya orang yg butuh produk saja yg ingin beli produk tsb. Masa seorang bapak yg anaknya semua kuliah mau beli abaca? Kan enggak ya? Jadi segmen pasar yg tepat itu PENTING. Sebaik apapun iklan kalo menyasar segmen yg salah ya pasti ga akan dibeli ya. Jadi bagaimana agar bisa dibeli? Segmen harus tepat.
Nah bagaimana agar segmen tepat?
1. Bunda harus Add orang berdasarkan kebutuhan orang tsb. Cari orang yg tepat. Cari yg punya anak kecil atau yg jualan produk bayi atau produk mainan edukasi, dll.
Contoh Bunda bisa cari orang2 di grup2 yg umum. Spt grup jualan yg umum (di dalam grup itu orang bebas jualan, bukan grup yg ga boleh jualan). Contoh grup yg boleh jualan adalah grup online Shop. Atau grup guru PAUD, dll.
INGAT, HINDARI SABOTASE CUSTOMER. Contoh ya, misal Bunda adalah agen abaca tapi sekaligus agen produk A, lalu sama produsen produk A bunda dimasukkin ke grupnya. Lalu karena segmen produk A sama dg segmen abaca yaitu menyasar segmen anak kecil maka HINDARI MEMPROSPEK orang2 di grup tsb. Ingat, sukses adalah soal karakter. Kalo masih ada karakter memanfaatkan sebuah grup khusus utk memeroleh keuntungan, mk ga akan sukses dalam waktu lama. YAKIN. Dan ini bs masuk dalam kategori MEMANCING IKAN DI KOLAM ORANG LAIN (SABOTASE CUSTOMER) sebab seandainya pemilik grup tahu, 90% pasti ga suka dg aktivitas bunda, dan bagaimana kalo karena ga suka trus mendoakan kejelekkan karena merasa terdholimi?
Jika hal ini dilakukan saya kuatir akan ada efek samping yg menyebabkan Bunda kesulitan dapat rejeki dg cara customer Bunda disabot orang lain, makin banyak jumlah customer php, atau kalau selalu laris maka rejekinya diambil melalui musibah hingga Allah membersihkan rejeki yg "kotor" tadi. Berhati2lah terhadap kedholiman, karena hisab Allah sangat halus. Jadi percuma dapat rejeki banyak, kalo pada akhirnya diambil lagi sebab cara mendapatkannya ga benar. Smg Allah merahmati apa yg kita lakukan. Dan bagi yg telah "terjerumus" segera bertaubat dan memperbaiki diri.
Sukses itu tidak instan ya. Bunda harus menciptakan kolam ikan sendiri, jangan ambil dari kolam orang lain karena itu tidak etis. Saya yakin, jika pemilik grup tahu, dan merasa dimanfaatkan. Dan kuatir kalo didoakan kejelekkan kalo berbuat dholim spt itu, doa orang yg terdholimi itu mudah dikabulkan.
Hindari memprospek orang yg ada di grup tersegmen.
Ciri2 grup tersegmen :
1. Grup itu dimiliki oleh seorang produsen, atau agen, atau distributor dan menjual produk2 tertentu. Contohnya, agar Anda memahami hal ini. Bagaimana sikap Anda jika Anda punya grup reseller, lalu ada agen lain atau reseller Anda yg memprospek semua orang di grup Anda agar beli produknya. Kemungkinan Anda marah bukan? Sebab Andalah yg berjuang mengumpulkan orang tapi kok disabot sama org lain. Hargailah perjuangan orang lain yg mengumpulkan customer dalam sebuah grup tadi dan jangan mengusik anggota grup. Bikin lah kolam ikan sendiri atau grup sendiri.
2. Di dalam grup itu dilarang iklan produk dan sifat grup tertutup atau bahkan rahasia (ga semua orang bebas keluar masuk di sana).
Contoh grup umum yg boleh Anda prospek : grup online Shop, grup penjual & pembeli, grup "PAUD ISLAM", dll.
HINDARI JUGA MEMPROSPEK TEMANNYA AGEN. JADI ANDA HARUS BENAR2 BERUSAHA SENDIRI TANPA MENGUSIK YG LAIN. Beberapa kali saya mendengar agen yg merasa teman2 Fbnya jadi teman agen abaca yg lain. Beda kasus kalo orangnya yg minta kita Add ya, maka itu beda (bukan menyabot). Dan kita promosi aja tapi orangnya yg tertarik bukan kita yg menarik (dg syarat yg promosi tidak menjatuhkan harga pasar).
SAYA PERLU MENCIPTAKAN IKLIM PERSAINGAN YG SEHAT AGAR ANTAR AGEN ABACA HARMONIS.
REJEKI GA BAROKAH MENDATANGKAN MUSIBAH BERTUBI2 UNTUK MEMBERSIHKAN UANG YG 'KOTOR'. HINDARILAH BERBUAT DHOLIM.
Utamakan keberkahan. Jangan mengusik rejeki orang lain jika tidak ingin rejeki terusik. Bersikaplah adil. Bersainglah secara sehat. Caranya gimana?
CARA BIKIN KOLAM IKAN SENDIRI
Bikin kolam ikan sendiri. Dan ini mewajibkan Bunda bekerja keras. Sukses kan soal karakter, bukan duit. DUIT AKAN MENGUKUTI ORANG YANG KARAKTERNYA BAIK. Karena mengumpulkan ikan itu kan perlu usaha, jangan memancing di kolam orang lain.
Berikut ini yg bisa Bunda lakukan dan sudah dilakukan oleh bbrp agen abaca yg sukses punya teman 5000 dan segmennya tepat. Contoh Mba Iin Mutmainah, Mba Lynda Sutrisna, dll yg menggunakan cara kreatif dg selalu mencari informasi bermanfaat seputar anak lalu diposting di wall Fb, shg orang berbondong2 nge Like dan share bahkan bisa mencapai viral (dishare ribuan orang).
Mba Lynda ataupun Mba Iin biasanya mencari gambar2 edukasi. Contoh, ttg cara membesarkan anak, dll. Atau Bunda cari buku parenting bagus, lalu Bunda ketik dg menyertakan sumber buku lalu bunda posting di wall FB. Jangan curang, dg menyembunyikan siapa penulis cerita itu ya. Saya ingat dg rekan saya, seorang penulis buku, yg naskahnya diketik orang lain lalu disebar di Fb. Rekan saya itu marah2 bukan main. Kemarahannya mengundang simpati penulis lain yg ikut2 membroadcast keluhan penulis rekan sy tsb. Jadi perhatikan etika 'ilmiah', jika mengutip dari sebuah sumber maka tuliskan sumbernya.
2. Buat fanpage dan fokus ya. Jangan cm buat aja tanpa diopeni. Caranya dari akun FB bunda sekarang bukalah menu Fb lalu cari tulisan "page" atau kalo settingan nya bahasa Indonesia maka cari tulisan "halaman". Lalu klik.
Setelah itu pilih "create page" atau "buat halaman" kemudian ikuti instruksi Fb. Otak atik aja ga masalah. Belajar ya. Di fanpage, rajin2lah beriklan dan share iklan ke wall Fb pribadi. Dan share jg info penting lainnya ya. Atau kalo teman FB masih dikit, fokus ke Fb dl aja gak apa2. Tar kalo udah 4000-an tmn Fb maka baru bikin fanpage. Tapi terserah bunda deh, yg penting usaha ya.
Rawatlah page atau optimalkan Fb bunda dg mengisi informasi2 penting. Jangan info galau aja ya bun. Nanti kuatir malah diblack list sama orang kalo kita mengeluh bete terus 😄.
3. Bikin kuis yg lucu atau kreatif. Kmrn ada yg bikin kuis matematika abaca, keren banget idenya. Dilakukan oleh Bunda Aisyah agen Qatar, dan dari kuisnya yg kreatif, fanpagenya di Like ratusan orang baru. Awal yg bagus dan kreatif.
Contoh kuis kreatif
a + bah = 6
a + bah + ba + ca = 12
a + ba + ca = ....
Syarat kuis : Like fanpage abaca dan jawab pertanyaan kuis dg benar.
Ingat ya Bunda. Kalo sudah membuat kolam ikan dan sudah punya ikan, jangan lupa dikasih makan. Makanan ikan itu, informasi bermanfaat dan menyasar segmen yg sama dg abaca contoh info parenting atau sejenisnya. Iklan abaca yg isinya edukasi jg termasuk info yg bermanfaat. Jadi kalo mau suksesnya cepat, lakukan hal2 yg saya sebutkan di atas dg sabar jgn pake cara instan. Jangan lupa jg iklan abaca sehari copas dari tim kreatif minimal 6 iklan abaca ya. Kenapa angka 6? Karena sukses minimal perlu 6 iklan per hari. Kalo 1 iklan gimana? Ya boleh, tapi akan makin lemot penjualannya.
Selamat mencoba
(Bersambung insya Allah ttg jam iklan). Ternyata jam iklan juga menentukan efektifnya iklan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar